Project B. Powered by Blogger.
Posted by Project B

Welcome to Project .B!

Blog ini berisikan konten-konten informasi dan pengetahuan di dunia engineering,otomotif dan juga dunia penerbangan umum. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk kritik dan sarannya kepada Admin untuk postingan yang lebih baik lagi..... "SALAM SOLIDARITY FOREVER....!!" Kritik dan Saran : Email kharisbhe@gmail.com Instagram @kharisbhe

Popular Post by Project B

Sistem Penggerak Roda Pada Mobil (FF, FR, 4WD/AWD, MR dan RR)

Mobil memiliki beberapa macam sistem penggerak roda dalam sistem pemindah dayanya. Beberapa layout sistem penggerak mobil yaitu FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD. Lalu apa yang dimaksud dengan FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD? Berikut ini penjelasannnya.

Popular Post by Project B

"Komponen Bodi Mobil ": (Car Body Component)

Body mobilterdiri dari berbagai macam komponen penting sebagai tempat melekatnya bagian-bagian penting seperti mesin, drivetrain, suspensi dll. Berikut ulasan untuk bagian-bagian yang ada pada body mobil.

Popular Post by Project B

Bagian-Bagian Utama Mobil (Car System Overview)

Sebagai suatu sistem, mobil memiliki bagian-bagian utama yang menyusunnya. Setiap bagian mobil memiliki peran mereka sendiri. Bagian tersebut merupakan suatu sistem utuh yang menyusun dan menyokong setiap fungsi dari kendaraan.

Home » » Jenis Sistem Transmisi Mobil

Jenis Sistem Transmisi Mobil

 Ada beberapa jenis sistem transmisi pada mobil, di antaranya:

  1. Transmisi manual (Manual Transmission) Transmisi manual adalah jenis transmisi di mana pengemudi harus memindahkan gigi secara manual menggunakan kopling dan tuas persneling. Pada transmisi manual, ada beberapa gigi atau persneling yang dapat dipilih sesuai dengan kecepatan yang dibutuhkan, mulai dari gigi 1 hingga gigi 5 atau 6 tergantung pada jenis mobil. Transmisi manual biasanya lebih efisien daripada transmisi otomatis dan lebih cocok untuk mobil yang digunakan untuk berkendara di jalan yang berkelok-kelok atau dengan medan yang menanjak.

  2. Transmisi otomatis (Automatic Transmission) Transmisi otomatis adalah jenis transmisi yang mengatur pemindahan gigi secara otomatis. Transmisi otomatis mengandalkan sistem hidrolik, elektronik, atau mekanik untuk memindahkan gigi sesuai dengan kecepatan mobil dan torsi mesin. Transmisi otomatis memungkinkan pengemudi untuk berkendara dengan lebih nyaman dan mudah, karena tidak perlu memindahkan gigi secara manual.

  3. Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) Transmisi CVT adalah jenis transmisi yang menggunakan sabuk baja atau rantai untuk menghubungkan dua puli variabel yang dapat mengubah rasio gigi secara kontinu. Hal ini memungkinkan mesin mobil untuk tetap berada pada putaran yang optimal saat kecepatan mobil berubah, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Transmisi CVT biasanya lebih halus dan lebih efisien daripada transmisi manual atau otomatis.

  4. Transmisi semi-otomatis (Semi-Automatic Transmission) Transmisi semi-otomatis adalah kombinasi antara transmisi manual dan otomatis. Pada transmisi semi-otomatis, pengemudi masih harus memindahkan gigi secara manual, tetapi kopling dioperasikan secara otomatis. Transmisi semi-otomatis biasanya lebih efisien daripada transmisi otomatis, tetapi kurang nyaman daripada transmisi otomatis.