Project B. Powered by Blogger.
Posted by Project B

Welcome to Project .B!

Blog ini berisikan konten-konten informasi dan pengetahuan di dunia engineering,otomotif dan juga dunia penerbangan umum. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk kritik dan sarannya kepada Admin untuk postingan yang lebih baik lagi..... "SALAM SOLIDARITY FOREVER....!!" Kritik dan Saran : Email kharisbhe@gmail.com Instagram @kharisbhe

Popular Post by Project B

Sistem Penggerak Roda Pada Mobil (FF, FR, 4WD/AWD, MR dan RR)

Mobil memiliki beberapa macam sistem penggerak roda dalam sistem pemindah dayanya. Beberapa layout sistem penggerak mobil yaitu FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD. Lalu apa yang dimaksud dengan FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD? Berikut ini penjelasannnya.

Popular Post by Project B

"Komponen Bodi Mobil ": (Car Body Component)

Body mobilterdiri dari berbagai macam komponen penting sebagai tempat melekatnya bagian-bagian penting seperti mesin, drivetrain, suspensi dll. Berikut ulasan untuk bagian-bagian yang ada pada body mobil.

Popular Post by Project B

Bagian-Bagian Utama Mobil (Car System Overview)

Sebagai suatu sistem, mobil memiliki bagian-bagian utama yang menyusunnya. Setiap bagian mobil memiliki peran mereka sendiri. Bagian tersebut merupakan suatu sistem utuh yang menyusun dan menyokong setiap fungsi dari kendaraan.

Home » » Sejarah Perkembangan Mesin 4 Tak

Sejarah Perkembangan Mesin 4 Tak

 Mesin 4 tak adalah jenis mesin pembakaran dalam yang paling umum digunakan dalam kendaraan bermotor modern. Mesin ini ditemukan pada akhir abad ke-19 dan menjadi dasar untuk mesin mobil dan sepeda motor saat ini. Berikut adalah sejarah penemuan mesin 4 tak:


  1. Pada tahun 1876, seorang insinyur Jerman bernama Nikolaus Otto menemukan mesin pembakaran dalam pertama yang efisien, yang disebut mesin Otto. Mesin ini menggunakan empat langkah kerja atau siklus untuk menghasilkan tenaga: hisap, tekan, ledakan, dan buang.

  2. Pada tahun 1885, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach memperkenalkan mesin Daimler Reitwagen, yang merupakan kendaraan bermotor pertama yang menggunakan mesin 4 tak. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 0,5 tenaga kuda dan mampu mencapai kecepatan 16 km/jam.

  3. Pada tahun 1892, Rudolf Diesel menemukan mesin diesel, yang merupakan mesin pembakaran dalam lainnya yang menggunakan proses pembakaran internal. Mesin diesel menggunakan prinsip kerja yang berbeda dari mesin Otto, dan menggunakan tekanan udara tinggi untuk memicu pembakaran.

  4. Pada tahun 1895, Karl Benz memperkenalkan mobil pertama yang diproduksi secara massal, yang menggunakan mesin 4 tak. Mobil ini disebut Benz Velo dan mampu mencapai kecepatan maksimum sebesar 20 km/jam.

  5. Pada awal abad ke-20, mesin 4 tak mulai digunakan secara luas dalam kendaraan bermotor. Mesin ini memberikan keuntungan dalam hal efisiensi bahan bakar dan keandalan, dan sejak itu menjadi standar dalam industri otomotif.

Dalam perkembangannya, mesin 4 tak terus mengalami perbaikan dan pengembangan untuk meningkatkan performa dan efisiensinya. Mesin 4 tak modern menggunakan teknologi canggih seperti injeksi bahan bakar, turbocharger, dan sistem kontrol elektronik untuk meningkatkan efisiensi dan kinerjanya.