Project B. Powered by Blogger.
Posted by Project B

Welcome to Project .B!

Blog ini berisikan konten-konten informasi dan pengetahuan di dunia engineering,otomotif dan juga dunia penerbangan umum. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk kritik dan sarannya kepada Admin untuk postingan yang lebih baik lagi..... "SALAM SOLIDARITY FOREVER....!!" Kritik dan Saran : Email kharisbhe@gmail.com Instagram @kharisbhe

Popular Post by Project B

Sistem Penggerak Roda Pada Mobil (FF, FR, 4WD/AWD, MR dan RR)

Mobil memiliki beberapa macam sistem penggerak roda dalam sistem pemindah dayanya. Beberapa layout sistem penggerak mobil yaitu FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD. Lalu apa yang dimaksud dengan FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD? Berikut ini penjelasannnya.

Popular Post by Project B

"Komponen Bodi Mobil ": (Car Body Component)

Body mobilterdiri dari berbagai macam komponen penting sebagai tempat melekatnya bagian-bagian penting seperti mesin, drivetrain, suspensi dll. Berikut ulasan untuk bagian-bagian yang ada pada body mobil.

Popular Post by Project B

Bagian-Bagian Utama Mobil (Car System Overview)

Sebagai suatu sistem, mobil memiliki bagian-bagian utama yang menyusunnya. Setiap bagian mobil memiliki peran mereka sendiri. Bagian tersebut merupakan suatu sistem utuh yang menyusun dan menyokong setiap fungsi dari kendaraan.

Home » » Jenis-Jenis Chasis pada Mobil

Jenis-Jenis Chasis pada Mobil

 Chassis atau sasis adalah rangka atau kerangka pada kendaraan yang terdiri dari beberapa bagian yang saling terhubung, berfungsi sebagai fondasi atau dasar kendaraan dan tempat bagi komponen-komponen lainnya. Pada mobil, terdapat beberapa jenis chassis yang digunakan, di antaranya adalah:


  1. Chassis Ladder

Chassis ladder adalah tipe sasis yang paling umum digunakan pada mobil konvensional. Sasis ini dibuat dengan bentuk seperti tangga atau ladder yang terdiri dari dua longitudinal yang menyusun jalur utama dari sasis, serta beberapa cross member yang menyambungkan kedua longitudinal tersebut. Sasis ladder ini biasanya terbuat dari bahan baja yang cukup kuat dan tahan lama.

  1. Chassis Backbone

Chassis backbone adalah tipe sasis yang terdiri dari sebuah rangkaian tulang belakang atau backbone yang menjadi basis utama dari sasis, serta beberapa cross member yang menyambungkan tulang belakang tersebut. Sasis ini banyak digunakan pada mobil sport yang berbentuk aerodinamis, dengan kelebihan memiliki bobot yang ringan dan memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pengemudi dan penumpang.

  1. Chassis Monocoque

Chassis monocoque adalah tipe sasis yang terdiri dari sebuah kerangka tubuh atau shell yang membentuk satu kesatuan dengan bagian luar mobil. Dalam sasis ini, bagian tubuh menjadi tempat bagi komponen-komponen lainnya seperti mesin, transmisi, dan roda. Sasis monocoque biasanya terbuat dari bahan serat karbon, aluminium, atau campuran kedua bahan tersebut, dengan kelebihan memiliki bobot yang ringan, kokoh, dan memberikan performa yang lebih baik.

  1. Chassis Spaceframe

Chassis spaceframe adalah tipe sasis yang terdiri dari rangkaian bingkai atau frame yang terdiri dari beberapa cross member dan longitudinal yang tersambung dengan kuat. Sasis ini biasanya terbuat dari bahan aluminium atau baja yang cukup ringan, dengan kelebihan memberikan kestabilan dan kekuatan yang lebih baik.

  1. Chassis Tubular

Chassis tubular adalah tipe sasis yang terdiri dari rangkaian pipa atau tabung yang tersusun dengan kuat dan saling terhubung. Sasis ini biasanya terbuat dari bahan baja atau aluminium yang cukup ringan, dengan kelebihan memberikan kestabilan dan kekuatan yang lebih baik, serta tampilan yang unik dan menarik.

  1. Chassis Hybrid

Chassis hybrid adalah tipe sasis yang merupakan gabungan dari beberapa jenis sasis yang telah disebutkan sebelumnya, seperti ladder, monocoque, dan spaceframe. Sasis ini dirancang dengan tujuan untuk mengkombinasikan kelebihan dari masing-masing jenis sasis, sehingga menghasilkan performa dan kestabilan yang lebih baik.

  1. Chassis Modular

Chassis modular adalah tipe sasis yang terdiri dari beberapa modul atau blok yang bisa digabungkan sesuai dengan kebutuhan. Sasis ini biasanya digunakan pada mobil-mobil yang diproduksi dalam jumlah besar dan beragam model, sehingga memudahkan dalam proses produksi dan penghematan biaya.

  1. Chassis Integral

Chassis integral adalah tipe sasis yang terintegrasi dengan bodi mobil, sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh. Sasis ini biasanya digunakan pada mobil bus atau truk yang membutuhkan kekuatan dan kestabilan yang lebih tinggi, dengan kelebihan memberikan ruang yang lebih besar bagi penumpang atau barang yang dibawa.

  1. Chassis Perimeter

Chassis perimeter adalah tipe sasis yang terdiri dari rangkaian pipa atau tabung yang membentuk sebuah perimeter atau keliling pada bagian luar mobil. Sasis ini biasanya digunakan pada mobil sport atau balap, dengan kelebihan memberikan kestabilan dan kekuatan yang lebih baik pada bagian samping dan belakang mobil.

  1. Chassis Spaceframe Semi-Monocoque

Chassis spaceframe semi-monocoque adalah tipe sasis yang merupakan gabungan antara sasis spaceframe dan monocoque. Sasis ini terdiri dari bingkai atau frame yang terdiri dari beberapa cross member dan longitudinal yang tersambung dengan kuat, dengan tambahan bagian tubuh yang membentuk satu kesatuan dengan bingkai tersebut. Sasis ini biasanya terbuat dari bahan serat karbon atau campuran dengan bahan lain, dengan kelebihan memberikan kestabilan dan kekuatan yang lebih baik, serta bobot yang lebih ringan.

  1. Chassis Integral Composite

Chassis integral composite adalah tipe sasis yang terintegrasi dengan bodi mobil dan terbuat dari bahan komposit yang terdiri dari serat karbon, serat glass, atau serat aramid yang diperkuat dengan resin. Sasis ini biasanya digunakan pada mobil sport atau balap, dengan kelebihan memberikan kekuatan, kestabilan, dan performa yang lebih baik dibandingkan dengan sasis konvensional.

  1. Chassis Electric

Chassis electric adalah tipe sasis yang dirancang khusus untuk mobil listrik. Sasis ini biasanya terdiri dari baterai yang menjadi bagian utama dari sasis, serta beberapa komponen lain seperti motor listrik, pengendali daya, dan sistem pendinginan. Sasis ini biasanya dibuat dengan desain yang ringkas dan tahan lama, dengan kelebihan memberikan efisiensi dan performa yang lebih baik pada mobil listrik.

  1. Chassis Hydrogen

Chassis hydrogen adalah tipe sasis yang dirancang khusus untuk mobil bertenaga hidrogen. Sasis ini biasanya terdiri dari bahan-bahan yang tahan terhadap korosi dan suhu tinggi yang dihasilkan oleh reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen. Sasis ini biasanya dibuat dengan desain yang ringkas dan tahan lama, dengan kelebihan memberikan efisiensi dan performa yang lebih baik pada mobil hidrogen.



Itulah beberapa jenis sasis atau chassis pada mobil yang sering digunakan. Penggunaan sasis yang tepat akan sangat berpengaruh pada performa, keamanan, dan kenyamanan mobil. Oleh karena itu, penting untuk memilih sasis yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan mobil.