Project B. Powered by Blogger.
Posted by Project B

Welcome to Project .B!

Blog ini berisikan konten-konten informasi dan pengetahuan di dunia engineering,otomotif dan juga dunia penerbangan umum. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk kritik dan sarannya kepada Admin untuk postingan yang lebih baik lagi..... "SALAM SOLIDARITY FOREVER....!!" Kritik dan Saran : Email kharisbhe@gmail.com Instagram @kharisbhe

Popular Post by Project B

Sistem Penggerak Roda Pada Mobil (FF, FR, 4WD/AWD, MR dan RR)

Mobil memiliki beberapa macam sistem penggerak roda dalam sistem pemindah dayanya. Beberapa layout sistem penggerak mobil yaitu FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD. Lalu apa yang dimaksud dengan FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD? Berikut ini penjelasannnya.

Popular Post by Project B

"Komponen Bodi Mobil ": (Car Body Component)

Body mobilterdiri dari berbagai macam komponen penting sebagai tempat melekatnya bagian-bagian penting seperti mesin, drivetrain, suspensi dll. Berikut ulasan untuk bagian-bagian yang ada pada body mobil.

Popular Post by Project B

Bagian-Bagian Utama Mobil (Car System Overview)

Sebagai suatu sistem, mobil memiliki bagian-bagian utama yang menyusunnya. Setiap bagian mobil memiliki peran mereka sendiri. Bagian tersebut merupakan suatu sistem utuh yang menyusun dan menyokong setiap fungsi dari kendaraan.

Home » » Siklus Pembakaran Mesin 4 Tak Kendaraan Bermotor

Siklus Pembakaran Mesin 4 Tak Kendaraan Bermotor

 Mesin 4 tak adalah jenis mesin pembakaran dalam yang paling umum digunakan pada kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. Sistem pembakaran mesin 4 tak terdiri dari empat tahap atau siklus: isap, tekan, ledakan, dan buang. Berikut adalah penjelasan rinci tentang setiap siklus dalam sistem pembakaran mesin 4 tak:



  1. Siklus Isap (Intake Stroke) Pada tahap ini, katup hisap terbuka dan piston bergerak ke bawah untuk menarik campuran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar melalui saluran masuk. Setelah ruang bakar diisi dengan campuran bahan bakar dan udara, katup hisap ditutup.

  2. Siklus Tekan (Compression Stroke) Pada tahap ini, piston bergerak ke atas dan menciptakan tekanan yang meningkatkan densitas campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar. Saat piston mendekati titik teratas, busi melepaskan percikan api listrik untuk memulai proses pembakaran.

  3. Siklus Ledakan (Power Stroke) Pada tahap ini, campuran bahan bakar dan udara terbakar secara cepat dan menghasilkan tekanan yang tinggi di dalam ruang bakar. Tekanan tersebut mendorong piston ke bawah, menghasilkan tenaga yang digunakan untuk memutar poros engkol.

  4. Siklus Buang (Exhaust Stroke) Pada tahap ini, katup buang terbuka dan piston bergerak ke atas untuk mengeluarkan gas buang dari ruang bakar melalui saluran buang. Setelah gas buang keluar dari mesin, siklus pembakaran selesai dan mesin siap untuk memulai siklus baru.

Siklus-siklus ini terus berulang selama mesin beroperasi. Proses pembakaran dalam mesin 4 tak menghasilkan tenaga yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan dan menghasilkan emisi gas buang yang harus diatur untuk memenuhi standar emisi lingkungan yang ketat.