Project B. Powered by Blogger.
Posted by Project B

Welcome to Project .B!

Blog ini berisikan konten-konten informasi dan pengetahuan di dunia engineering,otomotif dan juga dunia penerbangan umum. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk kritik dan sarannya kepada Admin untuk postingan yang lebih baik lagi..... "SALAM SOLIDARITY FOREVER....!!" Kritik dan Saran : Email kharisbhe@gmail.com Instagram @kharisbhe

Popular Post by Project B

Sistem Penggerak Roda Pada Mobil (FF, FR, 4WD/AWD, MR dan RR)

Mobil memiliki beberapa macam sistem penggerak roda dalam sistem pemindah dayanya. Beberapa layout sistem penggerak mobil yaitu FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD. Lalu apa yang dimaksud dengan FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD? Berikut ini penjelasannnya.

Popular Post by Project B

"Komponen Bodi Mobil ": (Car Body Component)

Body mobilterdiri dari berbagai macam komponen penting sebagai tempat melekatnya bagian-bagian penting seperti mesin, drivetrain, suspensi dll. Berikut ulasan untuk bagian-bagian yang ada pada body mobil.

Popular Post by Project B

Bagian-Bagian Utama Mobil (Car System Overview)

Sebagai suatu sistem, mobil memiliki bagian-bagian utama yang menyusunnya. Setiap bagian mobil memiliki peran mereka sendiri. Bagian tersebut merupakan suatu sistem utuh yang menyusun dan menyokong setiap fungsi dari kendaraan.

Home » , » Sejarah Mitshubishi Lancer

Sejarah Mitshubishi Lancer

 



Mitsubishi Motor adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jepang yang memiliki logo berupa tiga buah berlian. Mitsubishi adalah partner resmi Jacky Chan, dimana film laga yang ia bintangi sejak tahun 1990-an pasti akan menampilkan mobil milik Mitsubishi. Salah satu produk Mitsubishi yang sangat ikonik dan terkenal adalah Mitsubishi Lancer. Sedan ini pernah tampil banyak dalam film Jacky Chan yang bertemakan balapan, yakni Thunderbolt. Mitsubishi Lancer ini diproduksi pertama kali pada tahun 1973 sampai saat ini. Mobil ini telah terjual di seluruh penjuru dunia dalam jumlah lebih lebih dari 7 juta unit. Mobil Mitsubishi Lancer diproduksi dan dirakit di Mizushima Plant, Kurashiki, Okayama, Jepang. Untuk pasar Amerika Utara, mobil ini diberi nama Mitsubishi Mirage. Mobil legendaris tentu saja memiliki sejarah. Simak baik-baik ya.

Mitsubishi Lancer generasi pertama

Generasi Lancer pertama adalah merupakan mobil yang dibuat dengan dua pintu. Pada saat selanjunya disempurnakan menjadi empat dan lima pintu untuk station wagon. Generas ini ini memiliki beberapa nama yang berbeda, diantaranya adalah Chrysler Valiant Lancer, Dodge Colt dan Dodge Lancer. Produksi generasi pertama ini terjadi pada tahun 1973 hingga 1979. Kerangka yang digunakan pada Mitsubishi Lancer generasi pertama ini masih menggunakan tipe subkompak. Adalah Shinichi Yamamura dan Munechika Namba yang mendesain Mitsubishi Lancer generasi pertama ini. Berat kosong mencapai 832 Kg dengan kapasitas bahan bakar mencapai 45 liter. Dimensi mobil ini memiliki panjang 3,981 meter dan lebar 1,524 meter. Tinggi mobil ini pada keadaan kosong adalah 1,362 meter. Pada masa itu, Mitsubishi Lancer generasi pertama langsung sukses dipacu dalam event Rally Dunia atau WRC.

 



Selain sebagai ajang unjuk kekuatan pabrikan Mitsubishi, Lancer dalam pangsa pasar digunakan untuk mengisi sisi kosong dimensi mobil keluaran Mitsubishi kala itu. Produk Mitsubishi ada Minica yang berukuran sangat kecil, dianggap sebagai city car. Sedangkan di sisi lain ada Mitsubishi Galant yang berukuran besar dan panjang. Mitsubishi Lancer 1973 ini memiliki mesin dengan kapasitas antara 1,2 Liter hingga 2,0 liter. Setelah dua tahun menuai sukses di pasar, Mitsubishi meluncurkan produk baru yang masih masuk dalam keluarga Lancer generasi pertama yakni Mitsubishi Lancer Celeste. Bentuknya memang sama dengan Lancer 1973, namun di bagian belakang mobil ini memiliki hacthback. Mobil ini dijual dengan nama yang berbeda seperti Dodge, Chrysler dan Plymouth.

Mitsubishi Lancer generasi kedua

Mitsubishi tentu saja tidak akan berhenti dengan kesuksesan pada generasi pertama. Maka dari itu pada tahun 1979, Mitsubishi motor membuat gebrakan dengan meluncurkan Mitsubishi Lancer EX. Mobil yang baru ini sudah menggunakan system MCA-JET yang menggantikan fungsi karburator. Mobil Mitsubishi Lancer EX ini memiliki pembakaran yang lebih sempurna dan tenaga yang lebih besar berkat sistem baru MCA-JET ini. MCA merupakan singkatan dari Mitsubishi Clean Air menunjukkan bahwa mobil ini memiliki emisi gas buang yang sangat rendah dan sudah diuji di Jepang dan Amerika Utara. Kelebihan pada mobil ini bertambah dengan hadirnya teknologi Silent Shaf Technology yang dapat mengurangi kebisingan dan getaran mesin sehingga sangat nyaman digunakan.



Mobil ini juga dipasarkan di Eropa, selain Jepang dan Amerika Utara. Mobil ini bernama Lancer EX 2000 turbo dengan mesin 4G68 dengan kapasitas 2000 cc empat silinder. Spesifikasi ini tentu tidak mengherankan jika mampu melaju dengan kecepatan maksimum 201 km/jam dengan tenaga sebesar 168 HP atau 125 kW. Teknologi terbaru yang dipasang dalam Lancer EX 2000 turbo adalah ECI atau Electronic Controlled Fuel Injection. Sistem ini menjadikan mobil tetap hemat bahan bakar walaupun dipacu dalam kecepatan tinggi.



Mitsubishi Lancer generasi kedua yang menjadi kebanggaan Mitsubishi kala itu didesain oleh Aldo Sessano dan Rakuzo Mitamura. Masa produksinya antara tahun 1979 hingga 1988. Kerangka dasarnya adalah sedan dengan empat pintu serta memiliki tiga pilihan transmisi, yakni 4 percepatan manual, 5 percepatan manual dan transmisi kecepatan otomatis pada tipe 1400 dan 1600 GL atau XL dan 1800 SE. Dimensi mobil ini memiliki panjang 4,230 meter, lebar 1,620 meter dan tinggi 1,380 meter. Berat kosong mobil mencapai 1170 hingga 1295 kg, dengan kapasitas bahan bakar 50 liter.

Mitsubishi Lancer generasi ketiga

Pada tahun 1983, diluncurkan mobil generasi ketiga Mitsubishi Lancer. Mobil ini diberi nama Lancer Fiore. Di Australia, Lancer Fiore ini dijual dengan nama Colt Sedan. Sedangkan di beberapa negara tetap menggunakan nama Lancer. Dasar desain mobil ini mirip dengan Mitsubishi Mirage. Masa produksi mobil ini adalah antara tahun 1983 hingga tahun 1987. Desain mobil ini adalah sedan dengan 4 pintu atau hatchback dan station wagon dengan 5 pintu. Daya penggerak mesin menggunakan roda depan dan penggerak empat roda (4WD). Ada tiga pilihan mesin untuk mobil Mitsubishi Lancer Fiore, yakni 1.5 L I4, 1.6 L I4 Turbo dan 1.8 L I4 Diesel.




Mitsubishi Lancer generasi keempat

Generasi keempat Mitsubishi lancer diluncurkan tidak lama setelah peluncuran generasi ketiganya. Yakni saat produksi generasi ketiga Lancer masih berjalan pada tahun 1985. Perubahan yang ada pada generasi ini terletak pada mesin yang menjadi 1.6 L Turbocharger yang sudah dilengkapi dengan EFI (Electronic Fuel Injection). Dengan sistem mesin ini, maka Lancer generasi keempat dapat menghasilkan tenaga sebesar 120 hp. Selain tipe sedan, generasi Lancer keempat juga memiliki tipe station wagon yang dipasarkan berdampingan. Nama yang diberikan untuk produk ini adalah Mirage Station Wagon dengan penggerak dua roda atau empat roda.




Mitsubishi Lancer generasi kelima

Evolusi dari Mitsubishi Lancer tidak berhenti, ditandai dengan pada tahun 1988 muncul generasi kelima dengan platform hatchback dengan 3 pintu dan 5 pintu dan juga sedan dengan model 4 pintu. Mobil ini didesain oleh Masaru Furukawa dan Yasukichi Akamatsu. Jenis generasi Mitsubishi kelima ini masih mempertahankan opsi penggerak dua roda dan empat roda.



Mitsubishi Lancer generasi keenam

Setelah empat tahun bertahan dengan generasi kelima, Mitsubishi Lancer berevolusi dengan generasi kelima yang diproduksi pada tahun 1992 hingga 1996. Mobil ini diberi nama Mitsubishi Lancer Sedan. Mobil ini menggunakan desain 2 pintu untuk coupe, 4 pintu untuk sedan dan 5 pintu untuk station wagon. Tidak ada perubahan yang drastis kecuali pada bodi mobil. Hanya mesinnya saja yang beranjak dari SOHC menjadi DOHC serta adanya pilihan mesin Diesel Turbo. Mengenai transmisi, masih tetap sama yakni 3 percepatan otomatis, 4 percepatan otomatis dan 5 percepatan manual.



Mitsubishi Lancer generasi ketujuh

Mobil ini diproduksi mulai tahun 1995 hingga tahun 2005, mobil ini meneruskan tradisi Mitsubishi Lancer sebelumnya yang memiliki masa produksi panjang. Mitsubishi Lancer ini dikenal sebagai Lancer Evolution di seluruh dunia dan memiliki nama Mitsubishi Signo di Venezuela. Kiprahnya di WRC (World Rally Championship) memang tidak diragukan. Dalam 10 tahun tersebut ada beberapa nama yang menjadi juara dunia dengan menunggangi Mitsubishi Lancer generasi ketujuh jenis sedan.

   






    

Mobil ini sebenarnya memiliki kerangka dasar yang hampir sama dengan generasi sebelumnya. Ada jenis coupe 2 pintu, sedan 4 pintu dan station wagon dengan 4 pintu. Mengenai sistem penggerak, Mitsubishi Lancer masih mempertahankan pilhan untuk penggerak dua roda depan dan penggerak empat roda. Ada tiga jenis pilihan mesin, yakni 1.5 L SOHC I4, 1.8 L SOHC I4, dan 1.8 L DOHC Turbo I4. Perbedaan dengan generasi sebelumnya adalah adanya transmisi semi otomatis yang terpasang dalam mobil. Pilihan transmisinya adalah 4-percepatan otomatis, 4-percepatan semi-otomatis, dan 5-percepatan manual.

Mitsubishi Lancer generasi kedelapan

Mobil ini mengikuti sukses generasi sebelumnya, diproduksi pada tahun 2006 hingga 2008. Bentuk kerangka dasarnya tidak banyak berubah, hampir sama dengan generasi sebelumnya yakni sedan 4 pintu dan station wagon 4 pintu. Mobil ini juga memiliki nama lain, yakni Mitsubishi Lancer Classic di Rusia. Untuk pilihan mesin, ada banyak sekali alternatifnya, yakni diantaranya 4G13 1.3 L SOHC I4, 4G18 1.6 L SOHC I4, 4G93 1.8 L DOHC I4, 4G93 1.8 L DOHC I4 GDI Turbo, 4G94 2.0 L SOHC I4I4, 4G63 2.0 L DOHC I4, dan juga 4G69 2.4 L SOHC MIVEC I4. Sedangkan untuk transmisi percepatan terdiri dari 4-percepatan otomatis, 4-percepatan semi-otomatis, dan juga 5-percepatan manual.

    



Mitsubishi Lancer generasi kesembilan

Mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 2007 dan masih terus diproduksi hingga saat ini. Mobil ini memiliki cukup banyak nama di berbagai negara, diantaranya adalah Galant Fortis di Jepang, Lancer Fortis di Taiwan, Lancer EX di Thailand, Hongkong, Singapura dan Filipina, serta Lancer Serie R di Chili. Setelah melalui berbagai macam penyempurnaan, Mitsubishi belum mengeluarkan lagi versi yang lebih baru dari generasi kesembilan ini. Di dunia, mobil ini dikenal dengan nama Mitsubishi Lancer Evo 9 yang terkenal di lintasan WRC (Rally Dunia) dan juga Rally Dakkar.

  



Pilihan mesin masih sama seperti generasi pendahulunya, dengan transmisi 5 percepatan manual, INVECS-III CVT otomatis, INVECS –II 4 percepatan otomatis serta 6 percepatan twin clutch transmission. Transmisi yang dimiliki membuat mobil ini memiliki akselerasi yang tinggi dan handal. Itulah sebabnya mobil ini sangat diperhitungkan dalam ajang rally apapun karena body yang stabil dan akselerasi yang mumpuni. Dari tahun ke tahun, Mitsubishi memang selalu konsisten menyempurnakan Lancer sesuai perkembangan teknologi. Memang tak salah jika Lancer ini disebut sebagai mobil legendaris dari Mitsubishi.