Suspensi dalam kendaraan bermotor merupakan komponen yang digunakan untuk meredam getaran dan kejutan saat kendaraan kita melewati berbagai medan dan jalanan saat melaju di jalan. Suspensi juga dibuat agar penumpang kendaraan bermotor merasa nyaman saat berkendara. Di dunia otomotif, terdapat berbagai macam jenis suspensi kendaraan bermotor. Gambar berikut menjelaskan macam-macam tipe suspensi kendaraan bermotor.
kali ini kita akan membahas suspensi tipe independen(bebas), yang dimaksud independen atau bebas adalah karena tiap roda kanan ataupun kiri tidak saling berhubungan atau satu poros..
suspensi depan!!!
– tipe machpherson
ini adalah suspensi tipe bebas, perhatikan kanan dan kiri roda tidak saling menopang! setiap roda diberikan lengan(bagian bawah) + pegas + shock absorber! bagian tengah adalah bagian yang menempel kebody atau sasis kendaraan!
konstruksinya tidak terlalu rumit dan hanya digunakan pada kendaraan ringan seperti sedan.
– tipe machpherson dengan lengan berbentuk L
bedanya dari yang machpherson biasa adalah adalah tanpa adanya stut bar!!
mobil sedan sering menggunakan tipe ini.
– tipe double wishbone dengan pegas coil
suspensi ini memiliki kekuatan yang kokoh karena ada 2 lengan, bagian atas dan bawah, dengan begitu tekanan dari samping atas maupun depan dapat teredam dengan baik!!
biasa dipakai pada kendaraan penumpang!!
– tipe double wishbone dengan pegas batang torsi
pegas digantikan oleh pegas torsi yang berbentuk seperti pipa bulat memanjang, cara kerjanya dia akan berputar saat berpegas, daya putar balik itu merupakan daya pegasnya. izusu panther memakai suspensi ini.
– pegas daun paralel
ini sering dipakai pada kendaraan berat atau bermuatan!!
ini adalah suspensi bila kendaraan ini berpenggerak roda depan! suzuki katana memakai sistem ini.
suspensi belakang
– tipe daun pegas paralel
tipe ini dipakai pada kendaraan yang menekankan kekuatan! atau kendaraan angkutan barang!
truk, bis..
– tipe 4 link
ada 4 titik penopang yang membantu suspensi ini, lengan atas, lengan bawah, lateral control rod dan stabilizer!!
cukup nyaman, walaupun dengan gardan konvesional!! sedan lama sering menggunakan ini..
– tipe semi trailing
suspensi ini tergolong kuat!!
sehingga kedaraan penumpang sering mengaplikasikannya!!
– double wishbone
tipe ini lumayan lentur, lumayan nyaman, dan konstruksi ringan!
– trailing arm dengan twist beam
dengan model sederhana tetapi dengan kualitas redaman cukup baik dan ringan!!
– tipe pegas daun paralel dengan helper spring
ini merupakan suspensi kendaraan bermuatan besar yang biasa digunakan untuk kendaraan angkut seperti truk dan juga muatan berat lainnya.