Project B. Powered by Blogger.
Posted by Project B

Welcome to Project .B!

Blog ini berisikan konten-konten informasi dan pengetahuan di dunia engineering,otomotif dan juga dunia penerbangan umum. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk kritik dan sarannya kepada Admin untuk postingan yang lebih baik lagi..... "SALAM SOLIDARITY FOREVER....!!" Kritik dan Saran : Email kharisbhe@gmail.com Instagram @kharisbhe

Popular Post by Project B

Sistem Penggerak Roda Pada Mobil (FF, FR, 4WD/AWD, MR dan RR)

Mobil memiliki beberapa macam sistem penggerak roda dalam sistem pemindah dayanya. Beberapa layout sistem penggerak mobil yaitu FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD. Lalu apa yang dimaksud dengan FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD? Berikut ini penjelasannnya.

Popular Post by Project B

"Komponen Bodi Mobil ": (Car Body Component)

Body mobilterdiri dari berbagai macam komponen penting sebagai tempat melekatnya bagian-bagian penting seperti mesin, drivetrain, suspensi dll. Berikut ulasan untuk bagian-bagian yang ada pada body mobil.

Popular Post by Project B

Bagian-Bagian Utama Mobil (Car System Overview)

Sebagai suatu sistem, mobil memiliki bagian-bagian utama yang menyusunnya. Setiap bagian mobil memiliki peran mereka sendiri. Bagian tersebut merupakan suatu sistem utuh yang menyusun dan menyokong setiap fungsi dari kendaraan.

Home » » Bagian-Bagian Penting Pesawat Terbang (Aircraft Structure)

Bagian-Bagian Penting Pesawat Terbang (Aircraft Structure)

 Pesawat terbang merupakan salah satu alat transportasi modern yang didesain untuk menempuh perjalanan jauh dengan waktu yang singkat. Namun tahukah kalian bahwa suatu pesawat terbang terdiri dari bagian-bagian penting yang menyusunnya menjadi suatu pesawat terbang secara utuh. Berikut ini adalah bagian-bagian terpenting dalam pesawat terbang.




1. Fuselage (Badan Pesawat)

Badan pesawat adalah tempat dimana semua komponen pesawat lainnya melekat. Layaknya suatu chasis atau body pada sebuah mobil, pada fuselage atau badan pesawat terdapat berbagai macam komponen penting lain melekat seperti landing gear, wing (sayap pesawat), mesin dan juga bagian ekor pesawat. Badan pesawat didesain dari bahan yang ringan namun juga kokoh, biasanya dari campuran aluminium. Pada pesawat komersial, badan pesawat didesain untuk menerima gaya tekanan yang sangat besar disaat terbang diatas udara. 

2. Wings (Sayap Pesawat)

Sayap pesawat terbang berfungsi sebagain bagian vital yang menyebabkan pesawat terangkat keatas ketika gaya dorong mesin mendorongnya kedepan. Bentuk aerofoil dari sayap pesawat mengakibatkan udara yang berada diatas sayap bergerak lebih cepat dan tekanannya lebih kecil dibandingkan dengan bagian bawah sayap. Udara yang bergerak melewati bagian bawah sayap pesawat dengan tekanan yang besar akan mengakibatkan gaya angkat sehingga pesawat bisa terangkat dan terbang di udara. 


Pada bagian sayap pesawat terdapat bagian kontrol untuk mengontrol pergerakan pesawat terbang. Tahukah kalian bahwa untuk pesawat komersial, tangki pesawat terbang ada di dalam bagian struktur sayapnya. Ya, biasanya avtur atau bahan bakar disimpan dalam sayap pesawat terbang. 

3. Empenage  (Ekor Pesawat)

Bagian ekor pesawat terbang didesain sebagai penyeimbang aliran udara bagian belakang pesawat. Pada bagian ekor pesawat biasanya terdapat sistem kendali pesawat untuk berbelok kekiri dan kekanan (menggunakan rudder). Bagian ekor pesawat juga terdapat elevator  yang berfunggi untuk mengontrol pesawat naik atau turun.

4. Engine (Mesin Pesawat)

Fungsi utama dari mesin pesawat adalah untuk menghasilkan gaya dorong kedepan (thrust). Terdapat berbagai macam mesin pesawat terbang, mulai dari mesin baling-baling, mesin jet, mesin turbo fan, dan turbo jet. Untuk pesawat terbang komersial biasanya menggunakan mesin berjenis turbofan yang lebih hemat bahan bakar dan juga tingkat kebisingannya lebih rendah.

5. Landing Gear (Roda Pesawat)

Bagian yang tidak kalah penting dari suatu pesawat terbang adalah roda pesawat atau landing gear. Seperti kita ketahui bahwa untuk terbang pesawat harus mencapai kecepatan angkat minimum. Untuk mencapai itu, selama melaju di darat, saat lepas landas (take off) dan juga mendarat (landing) pesawat terbang bermanuver menggunakan roda pesawat. Jadi, fungsi utama roda pesawat adalah untuk megendalikan pesawat saat di darat, sedangkan ketika sudah lepas landas, manuver pesawat diambil alih oleh sayap dan mesin pesawat. Untuk jenis pesawat komersial biasanya roda pesawat akan disimpan atau ditekuk kedalam badan pesawat sesaat setelah lepas landas. Fungsi dari hal tersebut adalah untuk mengurangi hambatan udara saat terbang sehingga penggunaan bahan bakar akan lebih hemat.