Powered by Blogger.
Posted by Project B

Welcome to Project .B!

Blog ini berisikan konten-konten informasi dan pengetahuan di dunia engineering,otomotif dan juga dunia penerbangan umum. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk kritik dan sarannya kepada Admin untuk postingan yang lebih baik lagi..... "SALAM SOLIDARITY FOREVER....!!" Kritik dan Saran : Email kharisbhe@gmail.com Instagram @kharisbhe

Popular Post by Project B

Sistem Penggerak Roda Pada Mobil (FF, FR, 4WD/AWD, MR dan RR)

Mobil memiliki beberapa macam sistem penggerak roda dalam sistem pemindah dayanya. Beberapa layout sistem penggerak mobil yaitu FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD. Lalu apa yang dimaksud dengan FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD? Berikut ini penjelasannnya.

Popular Post by Project B

"Komponen Bodi Mobil ": (Car Body Component)

Body mobilterdiri dari berbagai macam komponen penting sebagai tempat melekatnya bagian-bagian penting seperti mesin, drivetrain, suspensi dll. Berikut ulasan untuk bagian-bagian yang ada pada body mobil.

Popular Post by Project B

Bagian-Bagian Utama Mobil (Car System Overview)

Sebagai suatu sistem, mobil memiliki bagian-bagian utama yang menyusunnya. Setiap bagian mobil memiliki peran mereka sendiri. Bagian tersebut merupakan suatu sistem utuh yang menyusun dan menyokong setiap fungsi dari kendaraan.

Home » » Sistem 4WD (four-wheel drive)

Sistem 4WD (four-wheel drive)

Sistem 4WD (four-wheel drive) adalah sistem penggerak yang memungkinkan semua empat roda kendaraan berputar secara bersamaan. Sistem ini digunakan pada kendaraan off-road seperti truk, SUV, dan beberapa jenis mobil sport. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara kerja sistem 4WD dan keuntungannya bagi pengguna kendaraan.



Cara Kerja Sistem 4WD

Sistem 4WD memiliki beberapa komponen utama yang terdiri dari transfer case, diferensial, dan poros penggerak. Transfer case adalah komponen yang berada di antara transmisi dan poros penggerak, yang memungkinkan pengendara untuk memilih antara 2WD (dua roda penggerak) dan 4WD mode. Pada mode 4WD, tenaga dari transmisi dialihkan ke transfer case, yang kemudian membagi tenaga tersebut secara merata ke keempat roda kendaraan.

Diferensial adalah komponen yang memungkinkan roda di satu sisi kendaraan berputar dengan kecepatan yang berbeda dari roda di sisi lainnya saat kendaraan berbelok. Dalam sistem 4WD, diferensial dibagi menjadi dua jenis, yaitu diferensial terbuka dan diferensial terkunci. Diferensial terbuka memungkinkan tenaga dialihkan ke roda yang memiliki traksi terbaik, sementara diferensial terkunci memaksa semua roda berputar dengan kecepatan yang sama.

Poros penggerak adalah komponen yang menghubungkan transfer case dengan roda kendaraan. Dalam sistem 4WD, ada dua jenis poros penggerak, yaitu poros penggerak tetap dan poros penggerak terpisah. Poros penggerak tetap menghubungkan transfer case dengan poros depan dan belakang, sementara poros penggerak terpisah menghubungkan transfer case dengan poros depan dan belakang secara terpisah.

Keuntungan Menggunakan Sistem 4WD

Sistem 4WD memberikan beberapa keuntungan bagi pengendara kendaraan off-road, di antaranya adalah:

  1. Traction dan Control yang lebih baik

Dengan keempat roda berputar secara bersamaan, sistem 4WD memungkinkan kendaraan memiliki traksi yang lebih baik pada permukaan yang licin atau tidak rata, seperti lumpur, salju, atau batu-batu. Ini juga membuat kendaraan lebih mudah dikendalikan pada medan yang sulit, seperti tanjakan, turunan, atau tanah berlumpur.

  1. Kekuatan Tarik yang Lebih Besar

Sistem 4WD memungkinkan kendaraan untuk menarik beban yang lebih berat, seperti truk dengan trailer atau kapal pesiar yang besar. Hal ini dikarenakan sistem 4WD memberikan tenaga yang merata pada keempat roda, sehingga mengurangi beban pada roda belakang dan meningkatkan daya tarik kendaraan.

  1. Keamanan dan Kestabilan yang Lebih Baik

Dalam situasi darurat, sistem 4WD memberikan stabilitas dan kontrol yang