Powered by Blogger.
Posted by Project B

Welcome to Project .B!

Blog ini berisikan konten-konten informasi dan pengetahuan di dunia engineering,otomotif dan juga dunia penerbangan umum. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk kritik dan sarannya kepada Admin untuk postingan yang lebih baik lagi..... "SALAM SOLIDARITY FOREVER....!!" Kritik dan Saran : Email kharisbhe@gmail.com Instagram @kharisbhe

Popular Post by Project B

Sistem Penggerak Roda Pada Mobil (FF, FR, 4WD/AWD, MR dan RR)

Mobil memiliki beberapa macam sistem penggerak roda dalam sistem pemindah dayanya. Beberapa layout sistem penggerak mobil yaitu FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD. Lalu apa yang dimaksud dengan FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD? Berikut ini penjelasannnya.

Popular Post by Project B

"Komponen Bodi Mobil ": (Car Body Component)

Body mobilterdiri dari berbagai macam komponen penting sebagai tempat melekatnya bagian-bagian penting seperti mesin, drivetrain, suspensi dll. Berikut ulasan untuk bagian-bagian yang ada pada body mobil.

Popular Post by Project B

Bagian-Bagian Utama Mobil (Car System Overview)

Sebagai suatu sistem, mobil memiliki bagian-bagian utama yang menyusunnya. Setiap bagian mobil memiliki peran mereka sendiri. Bagian tersebut merupakan suatu sistem utuh yang menyusun dan menyokong setiap fungsi dari kendaraan.

Home » » Perbedaan Mesin Karburator dan Mesin Injeksi

Perbedaan Mesin Karburator dan Mesin Injeksi

 Mesin karburator dan mesin injeksi adalah dua jenis mesin pembakaran dalam yang digunakan pada kendaraan. Mesin karburator adalah jenis mesin yang menggunakan karburator untuk mencampur bahan bakar dan udara, sedangkan mesin injeksi adalah jenis mesin yang menggunakan sistem injeksi untuk menyemprotkan bahan bakar langsung ke dalam ruang pembakaran.



Berikut adalah beberapa perbedaan antara mesin karburator dan mesin injeksi:

  1. Cara mencampur bahan bakar dan udara Mesin karburator mencampur bahan bakar dan udara secara mekanik menggunakan karburator, sedangkan mesin injeksi menyemprotkan bahan bakar langsung ke dalam ruang pembakaran menggunakan sistem injeksi.

  2. Efisiensi bahan bakar Mesin injeksi lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar karena sistem injeksi dapat mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam ruang pembakaran dengan lebih presisi dan sesuai dengan kebutuhan, sedangkan mesin karburator memiliki kecenderungan untuk menggunakan lebih banyak bahan bakar.

  3. Emisi gas buang Mesin injeksi menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah daripada mesin karburator karena bahan bakar yang disemprotkan langsung ke dalam ruang pembakaran dibakar lebih sempurna, sehingga mengurangi jumlah gas buang yang dihasilkan.

  4. Kinerja Mesin injeksi memiliki kinerja yang lebih baik dan responsif daripada mesin karburator karena sistem injeksi dapat mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam ruang pembakaran dengan lebih presisi, sedangkan pada mesin karburator, campuran bahan bakar dan udara tidak selalu konsisten.

  5. Biaya Mesin injeksi lebih mahal daripada mesin karburator karena memiliki sistem yang lebih kompleks, meskipun dalam jangka panjang, mesin injeksi lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan menghasilkan emisi yang lebih rendah, sehingga dapat menghemat biaya operasional.