Powered by Blogger.
Posted by Project B

Welcome to Project .B!

Blog ini berisikan konten-konten informasi dan pengetahuan di dunia engineering,otomotif dan juga dunia penerbangan umum. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk kritik dan sarannya kepada Admin untuk postingan yang lebih baik lagi..... "SALAM SOLIDARITY FOREVER....!!" Kritik dan Saran : Email kharisbhe@gmail.com Instagram @kharisbhe

Popular Post by Project B

Sistem Penggerak Roda Pada Mobil (FF, FR, 4WD/AWD, MR dan RR)

Mobil memiliki beberapa macam sistem penggerak roda dalam sistem pemindah dayanya. Beberapa layout sistem penggerak mobil yaitu FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD. Lalu apa yang dimaksud dengan FF, FR, RR, MR, dan 4WD/AWD? Berikut ini penjelasannnya.

Popular Post by Project B

"Komponen Bodi Mobil ": (Car Body Component)

Body mobilterdiri dari berbagai macam komponen penting sebagai tempat melekatnya bagian-bagian penting seperti mesin, drivetrain, suspensi dll. Berikut ulasan untuk bagian-bagian yang ada pada body mobil.

Popular Post by Project B

Bagian-Bagian Utama Mobil (Car System Overview)

Sebagai suatu sistem, mobil memiliki bagian-bagian utama yang menyusunnya. Setiap bagian mobil memiliki peran mereka sendiri. Bagian tersebut merupakan suatu sistem utuh yang menyusun dan menyokong setiap fungsi dari kendaraan.

Home » » Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah pada Mobil

Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah pada Mobil

 Aki kering dan aki basah adalah dua jenis aki yang berbeda dalam hal desain, konstruksi, dan kinerja. Berikut ini adalah perbedaan antara aki kering dan aki basah:


  1. Desain dan Konstruksi: Aki basah memiliki desain tradisional yang terdiri dari sel elektrokimia yang terendam dalam cairan elektrolit. Sedangkan, aki kering memiliki desain yang lebih modern dan terdiri dari bahan pengikat khusus dan sel elektrokimia yang dikemas rapat di dalam kotak aki.

  2. Cairan Elektrolit: Aki basah memerlukan cairan elektrolit untuk menghantarkan muatan listrik antara elektroda positif dan negatif, sedangkan aki kering tidak memerlukan cairan elektrolit karena sel elektrokimia dikemas dalam bentuk padat.

  3. Kinerja: Aki kering lebih tahan lama dan tidak memerlukan perawatan seperti pengisian ulang cairan elektrolit seperti yang dilakukan pada aki basah. Selain itu, aki kering lebih ringan, lebih efisien dalam menghasilkan tenaga listrik, dan tidak mudah bocor.

  4. Harga: Harga aki kering umumnya lebih mahal daripada aki basah karena desainnya yang lebih modern dan efisien.

  5. Penggunaan: Aki basah lebih umum digunakan untuk kendaraan bermotor, seperti mobil dan sepeda motor, sedangkan aki kering biasanya digunakan untuk aplikasi yang memerlukan daya tahan dan efisiensi yang lebih tinggi, seperti peralatan listrik, UPS (Uninterruptible Power Supply), dan kendaraan listrik.

  6. Perawatan: Aki basah memerlukan perawatan secara berkala, seperti memeriksa level cairan elektrolit dan mengisi ulang jika diperlukan, sedangkan aki kering tidak memerlukan perawatan rutin seperti itu. Namun, aki kering masih memerlukan penggantian secara berkala untuk menjaga performanya.

  7. Keamanan: Aki basah lebih rentan terhadap kebocoran cairan elektrolit yang berbahaya dan dapat merusak lingkungan, sementara aki kering lebih aman karena tidak memiliki cairan elektrolit yang dapat bocor.

  8. Lingkungan: Aki basah mengandung bahan kimia yang berbahaya dan sulit didaur ulang, sedangkan aki kering lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan pengikat yang dapat didaur ulang dan sel elektrokimia yang tidak mengandung cairan elektrolit.

  9. Kesimpulannya, aki kering dan aki basah memiliki perbedaan signifikan dalam desain, konstruksi, kinerja, harga, perawatan, keamanan, dan dampak lingkungan. Pemilihan antara aki kering dan aki basah harus dipertimbangkan berdasarkan aplikasi yang digunakan dan faktor-faktor lain seperti keamanan, perawatan, dan lingkungan.